Monday 28 May 2018

Trik Memasak Brokoli Agar Tidak Berubah Warna



Sayuran ini merupakan kembaran dari kembang kol, namun terdapat perbedaan pada warnanya, brokoli memiliki bunga berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih. Brokoli merupakan sayuran yang paling sehat lho, karena brokoli mengandung banyak sekali nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan tubuh. 





Kandungan serat, antioksidan dan berbagai vitamin yang terkandung dalam brokoli, nggak perlu diragukan lagi deh!

Baca Juga :



Sayangnya, masih banyak yang belum bisa mengolah brokoli dengan baik, dan nutrisi penting yang terkandung pada brokoli tersebut hilang karena kesalahan pada saat mengolahnya, warna alaminya pun bisa berubah ketika dimasak. Nah, sebelum mengolah brokoli, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini.



Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah membeli brokoli yang masih segar, pilih yang warnanya hijau. Apabila sudah muncul warna kekuningan pada batang maupun bunganya, berarti brokoli sudah tak segar lagi.  
Selanjutnya, potong bagian kepala brokoli dan potong-potong lagi hingga berukuran lebih kecil. Untuk batangnya jangan dibuang, kupas bagian luarnya yang keras, dan ambil bagian tengahnya. Nah, selanjutnya kita akan langsung masuk kedalam proses pengolahan brokoli dimulai dari yang paling baik.


1. Mengukus

Panaskan kukusan, kukus brokoli hingga kurang lebih 3 menit. Siap sajikan dengan sambal atau saus kacang. Cara pengolahan brokoli dengan cara dikukus adalah cara yang paling baik, karena cara ini tidak akan membuat nutrisi yang terkandung dalam brokoli menghilang.






2. Merebus

Merebus brokoli harus lebih berhati-hati, karena dapat menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit.





3. Tumis

Membuat tumisan dengan brokoli tentu saja akan menghasilkan masakan yang lezat dan sehat.  Mengolah brokoli dengan cara ditumis ini tidak terlalu banyak membuang nutrisi pada brokoli apabila kamu menumisnya tidak lebih dari 5 menit.





Nah, itu dia beberapa cara mengolah brokoli yang baik dan tidak akan mengubah warnanya. Brokoli memang sebaiknya tidak dimasak dengan waktu terlalu lama karena dapat membuatnya kelihangan banyak nutrisi dan rasanya pun akan semakin lembek. 




No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks