Monday 28 May 2018

5 Manfaat Kulit Jeruk Yang Tidak Kita Ketahui


Buah jeruk adalah salah satu buah yang paling disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis, asam dan segar. Buah ini paling cocok untuk dikonsumsi setelah makan sebagai makanan pencuci mulut, jenis pengolahannya pun berbagai macam, bisa dibuat menjadi jus ataupun sop buah. 







Jeruk dikenal sebagai buah yang paling banyak mengandung vitamin C lho, maka dari itu, mengonsumsi buah ini secara rutin dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Baca Juga :



Ngomong-ngomong soal jeruk, kebanyakan orang selalu membuang kulitnya ketika hendak mengkonsumsinya. Padahal, kulit jeruk ini memiliki banyak sekali manfaat lho, terutama untuk mempermudah hari-hari kita di rumah.
Yuk simak 5 manfaat kulit jeruk berikut ini:




1. Pengharum Alami Ruangan

Buah jeruk terkenal dengan aromanya yang sangat menyegarkan, oleh karena itu sebaiknya kulit dari buah ini kita manfaatkan sebaik-baiknya, seperti menjadi pengharum ruangan alami. Letakkan kulit jeruk di setiap sudut rumah, ini akan membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih segar dan wangi. Tapi ingat, wangi dari kulit jeruk hanya bertahan selama 1 hari saja. lebih dari itu, kulit jeruk akan membusuk dan menghasilkan aroma yang tidak sedap.





2. Mengusir Serangga

Selain menghasilkan aroma yang segar, kulit jeruk ternyata bisa juga lhomengusir serangga! Karena pada dasarnya serangga membenci aroma sitrus. Maka dari itu, kulit jeruk ini bisa dimanfaatkan sebagai pengusir serangga dengan cara meletakkan kulit jeruk di tempat-tempat yang kerap dilalui oleh serangga.



3. Menetralisir Bau Tak Sedap

Bau tidak sedap di dalam rumah biasanya muncul dari dapur atau kamar mandi, dan ini tentu saja sangat mengganggu indera penciuman. Nah, letakan kulit jeruk pada sudut dapur atau kamar mandi ketika bau tidak sedap muncul, dalam sekejap bau tidak sedap itu akan langsung menghilang.





4. Membersihkan Oven

Bagian dalam oven sangat rentan dengan kotoran bekas memanggang, nah untuk membersihkannya Sahabat bisa memanfaatkan kulit jeruk. Gosoklah kulit jeruk yang masih segar ke dalam oven yang kotor, setelah semua bagian dalam oven telah digosok, bersihkan kembali dengan lap bersih setengah basah. Dengan begitu oven akan jadi semakin bersih.





5. Mengatasi Stres

Aroma dari kulit jeruk ternyata juga ampuh untuk mengatasi stres lho, pantas saja aroma jeruk sering digunakan untuk aroma terapi. Wangi segar dari kulit jeruk ini dipercaya dapat membuat pikiran menjadi tenang, pikiran lebih fresh dan menghilangkan stres.


Itu dia 5 manfaat mengagumkan dari kulit jeruk. So, jika punya kulit jeruk dirumah, jangan langsung dibuang ya, Sahabat bisa memanfaatkannya menjadi berbagai hal yang berguna. Semoga bermanfaat.




No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks