Monday 28 May 2018

Cara Menggoreng Telur Dadar Yang Benar



Memasak telur dadar mungkin terlihat mudah, tetapi hal ini tidaklah seperti kelihatannya. Telur dadar lebar dan matang secara sempurna jarang dapat dibuat oleh orang. Kesalahan biasanya terjadi ketika membalik telur dadar sehingga telur tersebut rusak dan berantakan.





Baca Juga :



Nah, SUPER MAMIH memiliki tips untuk mengatasi hal ini. Yuk  simak cara membalik telur dadar dengan rapi agar teksturnya tetap bulat dan sempurna.




1. Gunakan Minyak

Apabila Sahabat menggunakan wajan biasa, gunakanlah minyak yang cukup banyak sehingga telur tidak akan menempel pada wajan. Akan tetapi, Sahabat hanya memerlukan sedikit minyak apabila menggunakan wajan anti lengket untuk membasahi permukaan wajan. 


2. Gunakan Spatula Panjang Dan Berbentuk Pipih

Ukuran dan bentuk spatula juga mempengaruhi bentuk dan keindahan telur dadar. Oleh karena itu, gunakan spatula yang cukup panjang dan pipih. Hal ini bertujuan supaya spatula lebih mudah diselipkan di bagian bawah telur dadar dan mempermudah untuk membaliknya.





3. Tambahkan Sedikit Tepung Terigu

Dengan tambahan sedikit tepung terigu pada adonan telur dadar dapat membuat telur dadar menjadi lebih padat dan agak tebal. Dengan begitu adonan telur menjadi tidak mudah hancur ketika kita hendak membaliknya.



4. Tuangkan Adonan Cair Telur Dadar Ke Wajan Secara Merata

Tuangkan adonan telur secara merata pada permukaan wajan. Hal ini bertujuan untuk mencegah bagian tengah telur dadar matang lebih dahulu dan warnanya lebih gelap. Sasacooks juga bisa bisa menggoyang-goyangkan wajan (anti lengket) ketika menuangkan adonan sehingga adonan menyebar secara merata di permukaan wajan.





5. Gunakan Api Kecil

Memasak telur dadar sebaiknya menggunakan api kecil karena api besar dapat menyebabkan telur dadar jadi mudah gosong pada satu bagian. Akibatnya, Sahabat menjadi terburu-buru untuk segera mengangkatnya. Padahal di sisi atas, telur dadar masih belum matang.





6. Cara Membalik

Jika sudah mahir, Sahabat bisa menggunakan spatula dan memiringkan bagian wajan. Apabila belum mahir, Sasacooks dapat menggunakan piring lain. Tiriskan telur dadar ke dalam wadah lain (piring) dengan posisi bagian yang belum matang berada di atas piring, kemudian balikkan kembali telur dadar di piring tersebut ke dalam wajan penggorengan.
Biasanya telur dadar juga dijadikan toping pada nasi uduk. Sahabat dapat mencoba menggunakan teknik ini untuk membuat telur dadar yang sempurna. 




No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks