Monday 28 May 2018

6 Jenis Makanan Yang Tidak Dianjurkan Disimpan Dalam Kulkas



Kebanyakan orang memiliki kebiasaan menaruh semua jenis makanan ke dalam kulkas (lemari es) agar bisa tahan lama dan tetap segar. 







Baca Juga :



Padahal tidak semua makanan harus disimpan di dalam kulkas lho, ada beberapa jenis makanan yang seharusnya dibiarkan berada pada suhu ruang daripada di dalam kulkas.
Nah berikut ini adalah 6 jenis makanan tersebut yang perlu diketahui:




1. Kopi

Mungkin Sahabat sering menaruh bubuk kopi di dalam lemari es? Ini adalah kesalahan besar karena kopi memiliki sifat yang dapat menyerap aroma di sekitarnya. Selain itu, menaruh kopi di dalam kulkas juga dapat membuat kopi jadi berembun sehingga dapat mengubah rasa. Sebaiknya, simpan kopi dalam wadah tertutup pada suhu ruang, juga jauhkan kopi dari udara dan air yang akan membuat kopi menjadi lembab.


2. Melon

Apabila melon sudah dikupas dan dipotong-potong, memang sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Namun jika melon masih bulat, sebaiknya disimpan pada suhu ruang saja. Karena melon mengandung antioksidan yang dapat menguap apabila melon ditaruh di dalam lemari es.




3. Bawang

Segala jenis bawang sebaiknya jangan di simpan di dalam lemari es. Entah itu bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan daun bawang. Aroma dari berbagai jenis bawang ini dapat mempengaruhi bau di dalam kulkas. Sahabat tidak ingin semua makanan di kulkas jadi bau bawang bukan? Maka dari itu bawang sebaiknya disimpan di keranjang kering saja.






4. Kentang

Menyimpan kentang di dalam kulkas akan merusak rasa dan tekstur daging kentang. Sebaiknya, kentang disimpan di suhu ruangan saja dengan cara membungkusnya dengan kertas atau koran. Dengan begitu kentang akan bertahan hingga 3 minggu.


5. Roti

Menyimpan roti di dalam kulkas justru membuat roti menjadi kering dan keras, meskipun dapat membuatnya bertahan lebih lama. Oleh karena itu, sebaiknya menyimpan roti pada suhu ruang saja, karena roti bisa bertahan selama 4 hari apabila ditaruh pada suhu ruang dan tidak akan mengubah teksturnya, roti akan tetap lembut seperti biasa.





6. Madu

Tidak perlu menaruh madu di dalam kulkas, karena madu bisa awet hingga berbulan-bulan meskipun disimpan pada suhu ruang. Selain itu, jika menaruh madu di dalam kulkas dapat membuat gula yang terkandung pada madu menjadi mengeras dan mengkristal. Tidak percaya? Coba saja!


Nah itu dia 6 jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, bahan bahan masak seperti gula, garam dan minyak goreng pun sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena dapat membuat teksturnya berubah. Semoga informasi ini bermanfaat ya.




No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks