Monday 28 May 2018

Cara Membuat Kue Serabi Sederhana


Kue serabi adalah salah satu jajanan pasar yang juga masih banyak dijumpai. Penganan dari tepung terigu dan tepung beras yang mirip dengan pancake ini cukup terkenal dan menjadi khas di beberapa daerah. Serabi yang terkenal adalah serabi Solo, serabi Bandung, dan serabi kuah kinca. 





Baca Juga :



Makanan khas Indonesia ini mempunyai rasa manis sedang dan gurih yang berasal dari santannya. Ada serabi polos, serabi pandan, serabi coklat, serabi kuah kinca, dan juga serabi yang diberi topping di atasnya. Untuk topping, bisa divariasikan sendiri sesuai selera. Untuk topping tradisional, umumnya menggunakan santan areh dan nangka atau pisang. Bisa juga diberi keju, coklat, atau bahkan oncom. Nah, kali ini, kami akan membagi resep serabi yang paling mudah dibuat, yaitu serabi kuah kinca. Bahan dan cara membuatnya sangat mudah. Selamat mencobanya!

Bahan-Bahan

- 250 gram tepung terigu serbaguna
- 1/2 sdt baking powder
2 butir telur ayam
1 sdt garam
- 500 ml santan kental
- 3 sdm minyak sayur
- 3 tetes pasta pandan
- 2 sdm gula pasir
- 200 gram gula merah
- 600 ml santan encer
- 2 lembar daun pandan




Cara Membuat




- Langkah pertama, kita buat kuahnya dahulu: Masukkan santan encer, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan sedikit garam ke dalam panci. Aduk perlahan dan masak hingga mendidih. Masak terus hingga gula larut dan santan tidak pecah, kemudian angkat dan sisihkan. 
- Campurkan tepung terigu, garam, telur, dan baking powder dalam baskom, aduk rata.
- Tambahkan santan ke dalam adonannya, aduk-aduk secara bolak-balik hingga adonan licin dan tidak menggumpal. 


- Terakhir, masukkan pasta pandan ke dalam adonan, aduk perlahan hingga rata. Diamkan adonan sekitar 20 menit agar adonan berongga.
- Siapkan wajan kecil berdasar tebal atau wajan tanah liat. Panaskan wajan di atas api sedang hingga benar-benar panas. 
- Oleskan minyak goreng di atas wajan, kemudian tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan. Masak hingga muncul lubang-lubang di atasnya. Tutup wajan, matangkan.
- Angkat serabi yang sudah matang, lalu siram dengan kuah kinca. Siap disajikan.



No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks