Monday 28 May 2018

Bahan Alternatif Pengganti Bumbu Masakan



Dalam urusan memasak, bumbu merupakan salah satu elemen penting untuk menciptakan suatu masakan dengan citarasa yang sangat lezat. Namun, tidak semua bumbu masakan mudah untuk ditemukan lho, bahkan ada beberapa jenis bumbu masak yang sangat langka dan harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah.





Baca Juga :



Terkadang, kita juga sering lupa membeli bumbu-bumbu penting ketika hendak memasak. Nah, untuk mengakalinya, kita bisa mencari alternatif lain untuk mengganti bumbu yang tidak kita miliki tersebut. Berikut ini adalah alternatif bumbu yang telah dirangkum oleh BuzzFeed:



1. Tepung roti

Sahabat tidak memiliki tepung roti? Jangan khawatir, kamu bisa menggantinya dengan oatmeal atau cracker asin yang dihancurkan. Remah cracker dan oatmeal ini bisa menjadi pengganti tepung roti sebagai baluran makanan yang akan digoreng.


2. Tepung maizena

Kehabisan tepung maizena untuk mengentalkan masakan? bukan masalah. Gantikan saja 1 sdm maizena dengan tepung terigu. Masakan akan tetap menjadi kental dan gurih, jangan lupa sesuaikan takaran penggantinya yah! 1:1.



3. Kecap Jepang

Memakan masakan jepang pasti terasa ada yang kurang jika kita tidak memiliki Shoyu (kecap asin jepang). Nah, untuk mengakalinya, kita bisa menggantinya dengan kecap asin biasa yang diberi sedikit air.


4. Bumbu Szechuan

Bumbu masakan Szechuan ini berasal dari negeri cina dan terdiri dari campuran rempah-rempah dan cabe khas szechuan. Bumbu ini memberikan citarasa pedas serta menggugah selera dan biasanya sudah dijual dalam bentuk kemasan siap pakai.
Tetapi Sahabat juga bisa membuat bumbu Szechuan sendiri lho, caranya adalah sediakan  60 gram jintan, 3 sdm cabai kering, 2 sdm merica, 1 sdm bubuk jahe, 1 sdm bawang putih bubuk, 1 1/2 sdm bubuk cabe, dan 1 1/2 sdm garam. Tumbuk jadi satu dan gunakan sesuai selera.







5. Allspice

Dalam pembuatan kue-kue manis, biasanya kita membutuhkan Allspice ini untuk memberikan aroma yang nikmat. Nah, jika kita tidak memilikinya, kita dapat menggantinya dengan bubuk kayu manis yang dicampur dengan pala bubuk serta cengkeh bubuk.


6. Madu (250 ml)

Cairan lengket yang memiliki rasa manis ini ternyata bisa digantikan dengan campuran gula pasir dan air lho, meskipun rasa yang dihasilkan nantinya sedikit berbeda, namun tetap saja akan membuat citarasa manis yang khas. Ingat! Jangan gunakan gula yang terlalu banyak, karena gula memiliki rasa manis yang lebih kuat daripada madu.

Itu dia cara lain dalam mengganti bumbu masakan, selamat mencoba dan semoga info ini bermanfaat yah.



No comments:

Post a Comment

Silahkan memberikan komentar kritik dan saran. Semua pesan masuk akn ditinjau terlebih dahulu. Maaf jangan spam ya sob...
thanks